Minggu, 10 April 2011

TOEFL DAN TOIEC

Apa itu tes TOEIC?

"TOEIC" adalah kependekan untuk Test of English for International Communication. Tes TOEIC adalah tes kemahiran bahasa Inggris bagi orang-orang yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris. Skor tes TOEIC menunjukkan seberapa baik orang dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan orang lain pada lingkungan kerja global. Tes tersebut tidak memerlukan pengetahuan atau kosakata khusus, tes ini hanya mengukur jenis bahasa Inggris yang dipakai dalam aktivitas sehari-hari.

Tes TOEIC adalah tes kemahiran berbahasa Inggris yang terkemuka di dunia pada konteks lingkungan kerja global. Lebih dari 4.000 perusahaan di seluruh dunia memakai tes TOEIC, dan lebih dari 2 juta orang mendaftar guna mengambil tes ini setiap tahun.

Apa isi dari tes TOEIC?

Tes TOEIC dirancang untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja. Pertanyaan-pertanyaan tes dikembangkan dari contoh-contoh bahasa lisan dan tertulis yang dikumpulkan dari berbagai negara di seluruh dunia dimana bahasa Inggris dipakai di tempat kerja. Pertanyaan-pertanyaan tes berisikan banyak suasana dan situasi yang berbeda, seperti:

· General business - kontrak, perundingan, pemasaran, penjualan, perencanaan bisnis, konferensi.

· Manufacturing - manajemen pabrik, lini perakitan, pengandalian kualitas.

· Finance and budgeting - perbankan, penanaman modal, perpajakan, akunting, penagihan

· Corporate development - penelitian, pengembangan produk.

· Offices - pertemuan board, committees, surat-menyurat, memoranda, telefon, faks, dan pesan-pesan e-mail, peralatan dan perabotan kantor, prosedur perkantoran.

· Personnel - penerimaan, mempekerjakan, pensiun, gaji, promosi, lamaran kerja, periklanan.

· Purchasing - pembelanjaan, ordering supplies, pengiriman, invoices

· Technical areas - elektronik, teknologi, spesifikasi, pembeliaan dan penyewaan, layanan listrik dan gas.

· Travel - kereta api, pesawat terbang, taksi, bus, kapal, feri, tiket, jadual, pengumuman stasiun dan lapangan terbang, penyewaan mobil, hotel, reservasi, keterlambatan dan penundaan.

· Dining out - makan siang bisnis dan informal, banquets, resepsi, reservasi restoran.

· Entertainment- bioskop, theater, musik, seni, media

· Health- asuransi kesehatan, mengunjungi dokter, dokter gigi, klinik, rumah sakit.


TOEFL
TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign language. Ini merupakan tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tes ini mengetes kemampuan seseorang sampai sejauh mana penguasaan bahasa Inggrisnya yang mencakup kemampuan: Listening Comprehension, (Pemahaman dalam mendengarkan), Structure and Written Exxpression (Struktur dan Ungkapan secara tertulis berkaitan dengan English Grammar atau Tata Bahasa Inggris (Reading Comprehension (Pemahaman Bacaan), dan Writing (Menulis).

Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test.

Ada tiga bagian tes TOEFL yang harus dikerjakan oleh peserta tes.

Bagian pertama adalah soal-soal yang mengukur kemampuan Listening Comprehension dalam jumlah 50 soal, Structure & Written Expression , 40 soal, dan Reading Comprehension, 50 soal. Keseluruhan soal dibuat dalam bentuk pilihan berganda (kecuali untuk Computer Based TOEFL ada soal esai yang menguji kemampuan mengarang peserta dalam bahasa Inggris serta variasi lain bentuk soal seperti menjodohkan, meng highlight kata tertentu yang ada kaitannya dengan main idea suatu bacaan, dll.). Keseluruhan tes berlangsung dalam waktu kurang lebih 150 menit, untuk Paper and Pencil Based TOEFL, dan kurang lebih 240 menit untuk Computer Based TOEFL. Waktu yang relatif lama untuk Computer Based TOEFL ini sudah termasuk prosedur tutorial.

Terdapat dua jenis tes TOEFL, yaitu

1) Paper and Pencil Based TOEFL; dan 2) Computer Based TOEFL. Jenis tes TOEFL yang pertama adalah tes TOEFL yang kita kenal selama ini, dimana baik soal maupun jawaban dikerjakan dengan menggunakan kertas dan pensil. Sedangkan jenis tes TOEFL yang kedua adalah model tes yang relatif baru karena pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Seperti yang tertera pada namanya, tes ini menggunakan komputer dalam penyampaian soalnya dan peserta tes akan menjawab tes ini juga melalui komputer.

CONTOH TOEFL

1. He is going to London next week for a… symposium

a. Three days

b. Four days

c. a three day*

d. a very important two days

2. He is famous … his novels

a. For*

b. With

c. As

d. Because

3. I can speak English well I am bad … mathematics

a. With

b. At*

c. In

d. On

4. Cindy was amazed … the beautiful scenery

a. With

b. At

c. By*

d. In

5. My boss was content … the result of my last project

a. At

b. With*

c. By

d. For

CONTOH TOIEC

1. Man : we should think about finding another restaurant for lunc

Woman : why? The food and service here are great

Man : yes, nut the prices are going up every week

Why is the man unhappy with the restaurant?

a. It is too noisy

b. It is too expensive

c. It is too crowded

d. It is too difficult to find

2. Man A: How was Dr.Brog’s recent trip to Singapore?

Man B : she enjoyed the tour of the port very much

Man A: they say it’s no one of the most active in Asia

Why did Dr.Brog find interesting?

a. The tourist center

b. The airport

c. The musical performance

d. The harbor

3. Mr. Yang’s trip will…him away from the office for ten days

a. Withdraw

b. Continue

c. Retain

d. Keep

4. The company that Marie DuBois started now sells…throughout the world

a. Its

b. It

c. Theirs

d. Them

5. If your shipment is not delivered … Tuesday, you can request a full refund for the merchandise

a. At

b. By

c. Within

d. While

Tidak ada komentar:

Posting Komentar