Senin, 19 April 2010

SILOGISME

Nama : Fitriana Dewi

Kelas : 3EB01

NPM : 20207477

a) Silogisme Kategorial

æ Semua bunga itu indah. Mawar adalah bunga.

Kesimpulan : Bunga Mawar itu indah.

æ Semua planet beredar mengelilingi matahari. Venus adalah sebuah planet.

Kesimpulan : Venus beredar mengelilingi matahari

æ Semua Negara Asia Tenggara adalah anggota ASEAN. Indonesia adalah Negara Asia tenggara.

Kesimpulan : Indonesia adalah Negara anggota ASEAN

b) Silogisme hipotesis

æ Jika semua orang membayar pajak dengan tertib, kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Tidak semua orang membayar pajak dengan tertib, jadi kesejahteraan masyarakat belum meningkat.

æ Jika nilai PI-ku A, aku akan berpuasa selama 2 hari.

Nilai PI-ku A, aku akan puasa 2 hari.

æ Jika semua benda langit tidak beredar sesuai dengan garis edarnya, maka sistem tatasurya akan kacau.

Semua benda langit beredar sesuai dengan garis edarnya, maka sistem tatasurya teratur.

c) Silogisme alternatif

æ Hari ini aku akan memakai jilbab merah muda atau ungu.

Hari ini aku memakai jilbab ungu, jadi aku tidak memakai jilbab merah muda.

æ Lee Seung Hyo adalah artis Korea atau artis Jepang.

Lee Seung Hyo adalah artis Korea, bukan artis Jepang.

æ Korea Utara merupakan Negara komunis atau liberal.

Korea Utara merupakan Negara komunis, bukan Negara liberal.

d) Silogisme entimen

æ Faqih menjadi juara kelas karena Ia memperoleh nilai tertingi.

æ Pak Toto akan memberikan nilai yang bagus jika mahasiswanya rajin mengerjakan tugas.

æ Semua mahasiswa jurusan computer pasti mengetahui aplikasi joomla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar