Senin, 04 Oktober 2010

KARAKTERISTIK MAHASISWA

Manusia itu beragam dan bermacam-macam jenisnya, begitu pula mahasiswa, menurut saya,ada beberapa tipe mahasiswa :

Mahasiswa Study Oriented

Tujuan utama mahasiswa ini yang penting nilai IPK tinggi, tidak mau terlibat dalam organisasi atau kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan kuliah karena menurutnya kegiatan tersebut dapat membuatnya sibuk sehingga dapat melalaikannya dari tugas kuliah dan akhirnya nilainya jatuh. Mahasiswa seperti ini biasanya sering ke perpustakaan, datang ke kampus paling awal, jarang banget dia nggak masuk, dan kalau duduk selalu paling depan walaupun Dosen menyampaikan materi kuliah dengan membosankan (menurut mahasiswa yang lain). Oia satu lagi, mahasiswa seperti ini pasti menjadi sumber terbaik saat ujian..

Pendekatan kepada mereka : ajak diskusi mengenai keislaman tapi dengan menggunakan argumen yang masuk akal. Biasanya mahasiswa seperti ini lebih bisa menerima argumen dengan logika dan berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

Mahasiswa Lab Oriented

Sebenarnya mahasiswa ini hampir sama dengan mahasiswa tipe pertama hanya saja mahasiswa ini lebih terbuka dengan kegiatan diluar perkuliahan, misalnya menjadi asisten lab. Menurut saya mahasiswa ini lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa tipe pertama Karena sebagai asisten lab berarti ia dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Tapi terkadang ia terlalu mementingkan lab.

Pendekatan kepada mereka : tidak masalah kalau aktif di lab tapi jangan menjadi prioritas utama. Kita bisa mengadakan mentoring di lab tersebut.

Mahasiswa UKM Oriented

Mahasiswa tipe ini biasanya lebih mengutamakan kegiatan-kegiatan UKM daripada kuliah. Bagi mahasiswa tipe ini kuliah adalah ekskul dan UKM adalah kuliah.he5

Mahasiswa Kupu-Kupu

Bagi mahasiswa ini yang penting berangkat kuliah, tandatangan absen, dan mendengarkan penjelasan dosen yang membosankan. Setelah perkuliahan selesai ya langsung pulang. Setiap hari berlangsung seperti itu. Menurutnya yang penting dia sudah menjalankan kewajibannya sebagai mahasiswa dan kewajibannya sebagai anak, yaitu rajin kuliah. Mungkin dalam hal perkuliahan di kelas mahasiswa ini termasuk mahasiswa yang pintar tapi hanyasebatas pintar di bidang akademik. Sedangkan kemampuan lainnya kurang, misalnya dalam hal bersosialisasi dengan orang lain.

Pendekatan kepada mereka : sering mengajak mereka mengikuti kegiatan yang bermanfaat diluar perkuliahan.

Menurut saya ketegori diatas, masing-masing mempunyai sisi baik dan sisi buruk. Yang penting apa yang dilakukan sudah jelas tujuannya, hidupnya lebih terarah dan sikapnya selalu terjaga. Tergolong tipe manakah anda??? anda bisa saja memegang dua katagori atau tiga atau empat, terserah anda. Yang penting semoga anda bisa berguna bagi diri anda sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar